Popular Posts

Sosok Dahlan Iskan

Dahlan Iskan akhir-akhir ini sering mendapatkan sorotan public. Dahlan Iskan akhirnya mampu menarik decak kagum dari para masyarakat dan tak sedikit pula yang sepertinya ingin menjegal beliau setelah banyak pihak yang menginginkan beliau untuk maju sebagai Capres 2014. Bahkan Menteri Perindustrian MS Hidayat pernah mengungkapkan, saat ini ada dua pejabat di Indonesia yang ‘pandai’ menyedot perhatian publik lewat aksi-aksinya. Mereka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dengan segala aksinya dan Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dengan memindahkan PKL dan mobil Esemka.

Dahlan Iskan Berbicara Dahlan Iskan, banyak orang sudah tahu kalau gaya menteri satu ini sangat khas dengan berbagai celetukan dan terobosannya yang lain dari yang lain. Berikut ini beberapa aksi fenomenal yang pernah dilakukan oleh mantan Dirut PLN tersebut. Pertama, menjadi sopir Wakil Menteri BUMN. Ini ia lakukan sebagai resep agar bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan Wakil Menteri BUMN Mahmudin Yasin. Ia juga menciptakan model komunikasi moderen dengan para pejabat eselon I di lingkungannya. Dahlan mengaku sebelum dilantik sebagai menteri BUMN tidak mengetahui siapa yang akan menjadi wakilnya. Pertemuan pertama Dahlan dengan Yasin adalah saat pelantikannya 19 Oktober 2011 lalu. Dahlan pun mencoba akrab dengan Yasin dengan mengajaknya mengendarai mobil bersama dari kantor presiden ke kementerian BUMN.

Dahlan Iskan juga menggebrak masyarakat Indonesia dengan aksinya yang kedua yaitu naik kereta api demi rapat di Istana Bogor. Dahlan melakukannya demi memenuhi janjinya menggunakan KRL Commuter Line untuk melihat langsung perubahan fasilitas kereta api Jakarta-Bogor. Aksinya ini bersamaan ketika ia bermaksud ke Istana Bogor guna menghadiri rapat kabinet. Layaknya penumpang biasa, Dahlan memilih memutar di sekitar lokasi, tidak ada satu pun ajudan yang ada di sampingnya.

Aksi ketiga adalah menyetir mobil 40 Km hanya demi melihat sapi. Peristiwa ini Dahlan lakukan saat peringatan hari pers nasional Februari lalu. Ia mengunjungi tempat peternakan sapi di pinggiran Kota Jambi, seperti biasa tidak ada pejabat yang mendampingi dan voorijder. Dia hanya didampingi dua staf khususnya dan wartawan senior Ishadi SK. Aksi keempat adalah mengamuk di tol Semanggi. Yang satu ini masih begitu hangat dan menjadi pembicaraan publik beberapa hari lalu. Dahlan Iskan mengamuk di pintu tol dekat Jembatan Semanggi menuju arah Slipi. Penyebabnya, Antrean di tol tersebut sangat panjang tetapi loket yang dibuka hanya dua dari empat pintu yang ada.

Dahlan Iskan juga menggebrak dengan aksinya yang kelima yaitu rapat wajib seluruh Direksi BUMN tiap selasa pagi. Rapat berfungsi untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi BUMN, mengevaluasi dan memutuskan langkah yang dilakukan. Menurutnya, pola rapat pimpinan ini berhasil membawa kinerja yang apik bagi PLN. Aksi keenam adalah test drive Mobil GEA dan Esemka. Dahlan menjadi salah satu sekian pejabat yang mencicipi mobil Esemka besutan pelajar SMK Solo. Selain Esemka, di juga ke Madiun untuk menyambangi kantor PT Industri Kereta Api (INKA) guna mencoba mobil buatan BUMN tersebut yang bermerek GEA.

Aksi ketujuh adalah tolak lift dan ruang kerja pribadi dan tak pakai mobil Dinas. Ia memilih mobil Jaguar pribadinya berplat L 1 JP. Aksi kedelapan adalah jalan kaki ke kantor Jero Wacik. Saat ia rapat ke Kementerian ESDM, Dahlan pernah berjalan kaki dengan sepatu kets kesayangannya dan didampingi oleh 2 asistennya. Aksi kesembilan adalah menginap di rumah petani miskin di Sragen. Mantan Direktur Utama PLN ini memilih menginap di rumah seorang warga di Dusun Karang Rejo, Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, Sragen. Aksi kesepuluh adalah rapat dengan Direksi BUMN menggunakan ‘BBM’. Dahlan perintahkan pola rapat seperti ini sekitar dua bulan terakhir kepada direksi BUMN, ini dilakukan sebagai cara baru untuk rapat. Ia dan anak buahnya tak perlu membuang waktu datang ke kantor Kementerian BUMN, tapi cukup melalui BlackBerry Messenger (BBM).

No comments:

Post a Comment