Popular Posts

Kenapa Harga Minyak Dunia Naik

Harga gas adalah sebuah berita diliput secara luas hari ini. Harga minyak telah naik dari $ 75 per barel pada bulan Oktober tahun lalu menjadi lebih dari $ 100 per barel saat ini. Dan tren terus menunjukkan ke arah harga minyak lebih tinggi. Tentu saja, seiring dengan harga minyak, harga gas juga naik, hampir berbaris.

Harga bensin saat ini adalah 10 persen lebih tinggi dari itu hanya dua bulan lalu. Harga rata-rata untuk satu galon biasa adalah hampir $ 3.62. Harga gas pada Januari telah menjadi harga tertinggi yang pernah tercatat untuk bulan itu. Banyak ekonom dan analis energi percaya kenaikan menjadi $ 4 per galon tidak bisa dihindari. Tapi perkiraan mereka dapat terlalu bersahaja. Gas akan mencapai $ 5 galon sebelum akhir tahun.

Dua kecenderungan berperang yang mendorong dan menarik harga gas. Di satu sisi, Amerika sekarang berkendara kurang dari pada setiap saat dalam 11 tahun terakhir. Di sisi lain, bensin dan persediaan minyak berada pada tingkat yang sangat rendah di seluruh dunia, dan pedagang yakin bahwa suplai akan memperketat secara signifikan. Fakta bahwa orang Amerika berkendara apalagi tidak akan mengimbangi gangguan pasokan dari Timur Tengah, keputusan oleh kilang untuk mengisi lebih untuk mengubah minyak menjadi bensin, atau permintaan yang lebih tinggi dari negara-negara berkembang seperti China dan India.
Terakhir alasan utama bahwa harga gas telah meningkat pada kuartal terakhir dan menganalisis apakah penyebab akan memperbaiki atau memperburuk. Kami telah memperkirakan berapa banyak masing-masing faktor dapat meningkatkan harga gas. Bersama-sama, mereka yang meningkat akan cukup untuk mendorong harga gas naik lagi $ 1,50.

Berikut beberapa faktor penyebab minyak dunia naik antara lain:

1. Selat Hormuz
Sekitar 20 persen dari minyak mentah yang diproduksi di dunia dikirimkan melalui Selat Hormuz, dan Iran telah mengancam akan menutup lalu lintas pelayaran melalui selat tersebut. Pada tersempit, bagian itu adalah 30 mil lebar, sehingga ada kasus realistis bahwa konflik bisa menutupnya. Iran telah diisolasi sebagai mitra perdagangan dengan sanksi AS dan Uni Eropa. Rezim di negara ini telah membuat sejumlah ancaman tentang apa yang mungkin dilakukan jika yang "kepentingan nasional" terancam. Jika Iran berikut melalui dengan ancaman tersebut, periode bagian itu ditutup bisa sangat singkat jika Angkatan Laut AS, yang memiliki kelompok operator di wilayah ini, bergerak untuk membuka kembali jalan. Namun tidak jelas bahwa pemerintah Amerika akan membuat keputusan bahwa tanpa dukungan terbuka dari sekutu atau PBB. Sebuah penutupan bagian, atau eskalasi yang akan membuat penutupan lebih mungkin, akan mendorong harga minyak lebih tinggi - dan dengan perluasan harga bensin.

2. Iran
Iran memberikan kontribusi untuk masalah kedua dalam hal pasokan minyak global baik di luar bahwa kemampuannya untuk mengganggu pasokan. Karena embargo terhadap bangsa karena pelanggaran senjata nuklir, AS telah menekan importir minyak besar seperti Jepang untuk bertindak untuk mengisolasi Iran dengan memotong impor mereka. Hal ini menempatkan Jepang pada posisi di mana ia harus menekan pasokan global lebih erat. Jepang tampaknya telah sepakat untuk memotong impor minyak mentah Iran yang sebesar 20 persen. Tapi sebagai importir minyak terbesar ketiga di dunia, Jepang memang perlu mendapatkan minyak di tempat lain selain Iran - yang akan menempatkan lebih banyak tekanan pada produksi saat ini.

3. Penyuling menaikkan harga
Sebagian besar minyak disempurnakan di pantai timur AS adalah minyak mentah Brent, sejenis minyak yang diproduksi dari Laut Utara. Harga Brent - lebih dari $ 124 per barel - hampir $ 16 lebih tinggi dari harga West Texas Intermediate (WTI) minyak mentah, jumlah orang yang paling baca di media. Tapi karena Brent telah menggantikan WTI sebagai patokan harga global, penyuling AS menetapkan harga untuk bensin dan produk lainnya seperti Brent adalah grade minyak mentah yang digunakan. Yang memungkinkan penyuling dengan akses ke WTI lebih murah untuk membuat keuntungan lebih besar.

Namun, ketika harga bertemu, seperti yang terjadi dalam dua bulan terakhir 2011, penyuling WTI kehilangan tepi mereka - dan keuntungan yang besar mereka. "Pabrik gula yang kehilangan uang pada bulan November dan Desember. Anda hanya dapat kehilangan uang begitu lama, "John Felmy, kepala ekonom untuk American Petroleum Institute, baru-baru mengatakan. Kilang besar banyak dimiliki oleh perusahaan publik yang tidak memiliki nafsu makan banyak untuk posting kerugian yang sedang berlangsung. Untuk menghindari kerugian, penyuling harus menaikkan harga bensin.

4. Lain risiko geopolitik
Iran tidak menyajikan tantangan geopolitik hanya untuk produksi minyak. Di Nigeria, yang merupakan produsen terbesar ke-14 minyak di dunia, Islam teroris kelompok Boko Haram terus menyerang daerah-daerah Kristen di negeri ini. Tentara Nigeria telah bereaksi dengan menyerang Islam. Gerilyawan telah terus menyerang jaringan pipa, tampaknya dalam langkah untuk mengganggu pemerintah.
Sementara itu, ada kekhawatiran tentang pasokan bahkan dari Venezuela. Venezuela adalah produsen dunia 11 terbesar minyak mentah. Rezim telah cukup stabil di bawah kekuasaan 13-tahun Hugo Chavez. Tapi Chavez adalah karena untuk operasi kanker kedua akhir bulan ini. The Miami Herald baru-baru ini menulis bahwa "beberapa analis mempertanyakan kemampuannya untuk terus ke presiden melalui siklus pemilu saat ini."
Bagian lain dari Timur Tengah dan Afrika juga kacau. Para analis baru-baru ini disebutkan Bahrain, Libya, Irak, Nigeria dan Yaman sebagai Flashpoint politik. "Dunia menghadapi risiko pasokan minyak dari banyak sumber, tidak hanya di Timur Tengah tetapi juga di Afrika. Dalam pandangan kami, tidak sejak 1980-an 1970s/early an telah ada sudah seperti ancaman serius terhadap pasokan minyak, "kata Soozhana Choi, kepala Deutsche Bank di Asia komoditas penelitian, dalam sebuah catatan kepada klien baru-baru ini. Semua Flashpoint menerjemahkan kekhawatiran lebih lanjut mengenai pasokan minyak. Dan ketika pasokan minyak yang ketat, harga minyak - dan bensin - meningkat.

5. Uni Eropa dapat menyimpan sendiri
Untuk saat ini, Yunani telah ditebus lagi - sebuah langkah yang harus pelampung kepercayaan di wilayah tersebut dan mendorong permintaan minyak. Bahkan dengan bailout Yunani, bagaimanapun, zona euro tidak keluar dari hutan sebagai bangsa terus menerapkan langkah-langkah penghematan untuk melindungi terhadap risiko default pada utang.

Sementara beberapa ahli percaya risiko default di wilayah ini adalah berlebihan, ekonomi beberapa di zona euro terus berada dalam kesulitan. Menurut perkiraan Komisi Eropa terakhir, PDB zona euro akan berkontraksi 0,3 persen, didorong sebagian oleh resesi mendalam di beberapa Uni Eropa di Selatan negara, termasuk Spanyol dan Portugal.

Either way, memperdalam masalah keuangan dan ekonomi di Eropa akan turun permintaan minyak di sana. Namun, jika para pemimpin di wilayah ini dapat menetap pada mekanisme untuk melindungi negara-negara dengan masalah keuangan dari default, anggaran nasional tidak akan dipotong menjadi luar biasa tingkat rendah - tingkat yang seharusnya membunuh kedua permintaan konsumen dan permintaan bisnis untuk minyak.

6. AS pemulihan ekonomi
Sebuah perekonomian AS membaik berarti harga minyak yang lebih tinggi. PDB AS, pekerjaan dan bahkan perumahan semuanya dipentaskan perbaikan tak terduga dalam beberapa bulan terakhir. Banyak ekonom sekarang mematok kenaikan PDB pada 2012 lebih dari 2 persen. Anggaran Putih Gedung baru mengasumsikan pertumbuhan 3 persen pada tahun 2013. Rata-rata lebih dari 100.000 pekerjaan telah diciptakan di setiap enam bulan terakhir. Dan perluasan dari pemotongan pajak gaji sampai akhir tahun ini lebih lanjut dapat membantu pemulihan lapangan kerja. Perpanjangan tunjangan pengangguran berarti bahwa ratusan ribu Amerika yang akan memiliki pendapatan, akan memiliki setidaknya cukup untuk mengkonsumsi barang-barang dan jasa. Argumen bahwa Amerika sekarang berkendara kurang tidak satu kuat untuk gas dan permintaan minyak saat ekonomi yang sehat juga berarti lebih banyak konsumsi minyak untuk bisnis, petrokimia dan bahan bakar jet. Permintaan untuk minyak berbasis produk di seluruh perekonomian akan mengambil dengan pemulihan apapun.

No comments:

Post a Comment