Popular Posts

Pilihan Mobil Kota (City Car)

KONSUMEN yang ingin memiliki mobil kota (city car) saat ini dihadapkan dengan beragam pilihan merek. Semua merek city car memang bersaing ketat, tentu dengan segala kelebihan masing-masing. Berikut beberapa city car yang sudah beredar di Indonesia.

Daihatsu All New Sirion

Produk city car terbaru dari Daihatsu ini hadir dengan harga yang kompetitif, yaitu dibanderol pada kisaran Rp 140 juta hingga Rp 150 juta. Daihatsu meluncurkan All New Sirion dengan perubahan besar (Major Change) dari desain eksterior dan interior sehingga tampilan All New Sirion tampil lebih sporty dari pendahulunya.

Di Indonesia, All-New Sirion dipasarkan dalam dua varian standar dengan perbedaan pada transmisi, manual 5-percepatan dan automatic 4-percepatan. Namun penempatan tongkat transmisi untuk tongkat transmisi otomatis di dashboard, agar memudah dicapai oleh tangan pengemudi.

Tampilan depan, All New Sirion menggunakan projecting head lamp dengan anti fogging, fog lamp dan multi reflector sehingga sinar lampu mobil lebih terang sedangkan desain lampu belakang dibentuk lebih panjang dengan led combination. Fitur-fitur multimedia dijejalkan dalam All New Sirion dari MP3, iPod hingga konektivitas bluetooth untuk menelepon.

Sistem keamanan bagi keselamatan penumpang seperti menyertakan double sheet belt bagi kursi penumpang di tengah, fitur ISOFIX kursi khusus untuk tempat duduk anak-anak, dan fitur Multi Information Display (MID). All New-Sirion juga sudah dilengkapi dengan fitur Electric Power steering (EPS) untuk menghemat bahan bakar.All New Sirion tersedia dalam empat warna Mystical Purple Metallic, Midnight Black Metallic, White Solid, Nobke Grey Metallic.

Geely LC Cross

Mobil mini crossover dari pabrikan Geely asal China ini resmi dirilis pada ajang IIMS 2011 (22/7). LC Cross namanya, mobil berkarakter tangguh berdimensi tubuh 3.815x1.648x1.530 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.340 mm ini dirancang untuk mampu melintas jalanan on-road maupun light of-road. Pada bagian eksterior paras depannya terlihat konservatif dengan lampu depan mengikuti lekuk bodi, uniknya mobil ini menempatkan ban cadangan di bagian pintu belakang mobil.

"Kami menghadirkan produk ini sebagai tanda keseriusan Geely untuk terus mewarnai industri otomotof nasional. Kami juga ingin membuktikan bahwasannya mobil asal China berani bersaing dengan merek-merek yang lain di Indonesia," kata Budi Pramono, Presiden Direktur GMI

Pada bagian mesin LC Cross dibekali dengan mesin berkapasitas 1,3 liter yang mampu menghasilkan tenaga 63 hp dengan kecepatan maksimum 165 kpj. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya diklaim 14 km/liter.

Untuk peranti penunjang keselamatan, LC Cross dibekali enam buah airbag, Antilock Brake System (ABS), dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) lazimnya mobil buatan Eropa menjadi fitur standar. Bahkan, Geely memasang perangkat pengingat pengemudi dan penumpang bila mereka lupa mengenakan sabuk pengaman. Dalam urusan keutemaan keselamatan, LC Cross telah mendapatkan peringkat bintang lima dari CNCAP (pemeringkat keselamatan nasional di China)

Mobil ini ditawarkan dalam dua varian yaitu GL dan GS. Keduanya menggunakan transmisi manual dan dibanderol mulai Rp 112 juta

Honda Brio

Meski belum resmi dirilis di Indonesia, tapi Honda Brio-city car produk Honda- sudah nampang di ajang IIMS 2011. Di Thailand mobil ini telah resmi dipasarkan dengan banderol 399.900 baht atau sekitar Rp 115,9 juta. Honda sampai saat ini masih menjajaki akan kemungkinan Brio dipasarkan di Indonesia.

Honda Brio diperkenalkan dengan mesin i-VTEC 4 silinder berkapasitas 1.200 cc, Brio memiliki tenaga sebesar 90 hp pada putaran mesin setinggi 6.000 rpm dan torsi sebesar 110 nm pada 4800 rpm. Selain ramah lingkungan, mobil ini juga diklaim irit bahan bakar. Dari hasil tes yang telah dilakukan pihak Honda, Brio mampu menempuh jarak 20 km hanya dengan konsumsi bahan bakar 1 liter saja.

Oleh Honda, Brio dibuat tersedia dalam dua versi, yakni tipe S dan V. Kedua tipe tersebut juga tersedai adalam transmisi manual 5 kecepatan, sedangkan khusus tipe V disediakan pilihan transmisi CVT otomatis.

Dengan dimensi panjang3.610mm,lebar 1.680mm,dan tinggi 1.485mmsertawheelbase2.345mm, Brio diklaim memiliki ruang kabin yang cukup lega dengan ruang bagasi yang luas. Namun tetap mudah untuk diajak parkir ditempat sempit.

Brio S yang bertransmisi manual dibanderol 399.900 baht atau sekitar Rp 115,9 juta dan Brio bertransmisi otomatis dihargai 469.500 baht atau sekitar Rp 136 juta. Adapun varian Brio V, dibanderol dengan harga 508.900 baht atau sekitar Rp 147,9 juta. Meski harganya murah, namun faktor keamanan dan keselamatan tetap diperhatikan.

Terbukti Honda tetap menggunakan fitur pengereman Antilock Brake System (ABS), dual airbag, Electronic Brake Force Distribution (EBD), bahkan Electronic Power Steering (EPS).

Hyundai Grand Avega

Hyundai Grand Avega resmi diluncurkan di gelaran Indonesia international Motor Show (IIMS) 2011. PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) tidak menetapkan banderol tinggi untuk varian medium city car anyar ini. Dilepas ke pasaran dengan banderol harga Rp159,8 juta untuk transmisi manual dan Rp169,8 juta untuk yang automatic, Hyundai optimistis Grand Avega akan mampu bersaing dengan model lain di kelasnya.

Pada bagian eksterior berbeda dengan pendaulunya Hyundai Avega, Hyundai Grand Avega hadir dengan garis-garis tegas yang elegan, headlamp yang tajam dan memanjang, serta rear lamp yang futuristik yang menjadikannya tampil lebih stylish dan sporty. Hyundai Grand Avega dilengkapi dengan mesin 1.4 liter DOHC yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan serta otomatis empat percepatan shiftronic. Hyundai mengklaim teknologi mesin ini pertama di kelas city car Indonesia.

Sementara pada bagian interior, Grand Avega terlihat cukup lapang pada bagian kabin depan, serta penumpang. Untuk entertainment dilengkapi Hear Unit Compatible untuk iPhone dan Blackberry. Audio kontrol ada pada batang kemudi.

KIA All New Picanto

Generasi kedua dari varian Model Picanto ini telah mengalami perombakan total, baik dari sisi desain maupun mesin yang digunakan. hadir dalam dimensi yang lebih panjang dari pendahulunya (wheelbase lebih panjang) New Picanto menjanjikan kenyamanan lebih bagi penumpang serta volume ruang kargo yang juga meningkat.

All New Picanto dilengkapi mesin generasi baru Kappa 4 silinder Dual CVVT 1.248 cc DOHC. Menghasilkan maksimum power 87 ps pada 6.000 rpm serta maksimum torque 12.3 kg.m pada 4.000 rpm. Dengan teknologi mesin yang diterapkan, KIA mengklaim New Picanto sebagai kendaraan city car yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Selain itu agar lebih mengifisienkan penggunaan bahan bakar, New Picanto juga dilengkapi teknologi Eco Mode, dimana bila diaktifkan dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis.

Berdasar data KIA Motors Corporation, All New Picanto dapat menempuh jarak 15km/liter untuk rute dalam kota, sedang untuk rute luar kota (tol) dapat menempuh jarak 23km/liter. Bila dikombinasikan, setiap liter konsumsi All New Picanto dapat menempuh jarak 19 km.

All New Picanto tersedia dalam pilihan manual 5 tingkat kecepatan dan automatic transmisi dengan 4 kecepatan. Untuk perangkat hiburan New Picanto dilengkapi CD MP3 Player, radio, dan telah memiliki koneksi AUX, iPod, dan USB dengan 4 main speaker.

MINI Cooper

Pada event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, BMW meluncurkan varian MINI Cooper yang didasarkan pada kontur bodi, yakni MINI Hatch dan MINI Cabrio. Di setiap model bodi, ada varian mesin mulai dari kapasitas 1,6 liter hingga mesin dengan turbo charged yang biasa dikenal dengan MINI John Cooper Works (JCW). Kendati kapasitasnya berbeda, kedua mesin menghasilkantenaga dan torsi yang sama.

Hadir dalam tampilan yang modern dan sporty, MINI cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan dinamis. Variasi model MINI adalah MINI Cooper Hatch, MINI Cooper S Hatch, MINI Cooper S Cabrio dan MINI Cooper Works Hatch.

Meski dibanderol dalam harga yang cukup tinggi, yaitu untuk MINI Cooper JCW dibanderol Rp679 juta, MINI Cooper S Hatch Rp 539 juta, MINI Cooper Hatch Rp 449 juta, dan MINI Cooper S cabrio Rp599 juta ( off the road) namun pesona MINI tetap membius banyak orang untuk memilikinya. Terbukti pada ajang IIMS MINI terjual sebanyak 50 unit.

Smart Fortwo

Bentuknya yang begitu mungi dengan tampilan yang modern dan terkesan futuristik, bisa jadi untuk ukuran city car Fortwo adalah yang paling ideal. Smart fortwo merupakan model terbaru atau facelift dari Smart generasi ke dua yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan, nyaman, aman dan fun untuk dikendarai.

Smart Fortwo tampil dengan dimensi panjang 2.695mm, lebar 1.559mm dan tinggi 1542mm. Mobil ini berkapasitas dua penumpang dewasa, serta menyediakan ruang bagasi di belakang. Smart fortwo hadir dalam tiga model. Pertama, coupe micro hybrid (mhd) pure bertenaga 61 hp, coupe mhd passion dengan kekuatan 71 hp, dan cabrio passion (71 hp).

Seluruh model smart fortwo mengadopsi mesin bensin 3-silinder segaris dengan kapasitas 999 cc. Pada gelaran IIMS 2011, PT MBI (Mercedes-Benz Indonesia) menampilkan Smart Fortwo Nightorange dan BRABUS. Nightorange adalah edisi terbatas dari varian Smart Fortwo yang hadir dalam balutan warna orange yang centil menggoda.

Sedang BRABUS merupakan proyek pengembangan bersama antara smart dengan perusahaan spesialis peningkatan performa kendaraan Brabus yang berbasis di Bottrop Jerman, smart BRABUS banyak dibekali komponen yang seluruhnya dibuat oleh smart BRABUS. Dapat dilihat pada pengunaan instrumen, pedal, kontrol utama, speedometer, tachometer, dan jam di dashboard.

Volkswagen Polo 2012

Pabrikan asal Jerman Volkswagen (VW), resmi merilis city car teranyarnya VW Polo 2012 di even IIMS 2011. Hatchback mungil bermesin bensin 1.4 liter multi point injection ini menghasilkan daya sebesar 85 bhp pada 5.000 rpm dan torsi 132 Nm pada 3.800 rpm. Untuk teknologi transmisi, sama dengan milik Golf GTI yaitu dual clutch gearbox DSG 7-speed.

Dilengkapi beragam fitur tersebut Polo mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam hitungan 11,9 detik, sementara konsumsi bahan bakarnya mencapai 40.45 mpg (mil/galon) atau setara 17,2 km/liter.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan d iantaranya electronic stability programme (ESP), anti lock Branking system (ABS) dengan electonic brake force distribution (EBD), hydraulic brake assist system dan electronic differential lock, serta fitur keselamatan canggih lainnya. VW Polo yang masuk di Indonesia secara CBU (Completely Built-Up) ini dibanderol dengan harga Rp258 juta on the road. Tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Reflect Silver, Candy White, Deep Black dan Flash Red.

Saat ini pihak VW Indonesia sedang mengupayakan membangun infrastruktur agar bisa memproduksi produk VW di Indonesia, Polo termasuk salah satu di antaranya, bila hal ini terwujud tak urung harga Polo akan jadi makin kompetitif

No comments:

Post a Comment