Popular Posts

GM Siap Jadikan RI Basis Produksi Mobil Murah

GM ingin mengubah dominasi pasar Indonesia yang selama ini dikuasai pabrikan Jepang.

VIVAnews - General Motors berencana membangun pabrik mobil di Indonesia seiring dengan melemahnya pasar Eropa dan Amerika. GM berharap, Indonesia nantinya bisa menjadi pusat ekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Mengutip orang dekat GM, Wall Street Journal menyatakan, GM akan mengumumkan rencana ini dalam waktu dekat. "GM akan membangun pabrik di dekat Jakarta yang bisa menghasilkan 50 ribu kendaraan per tahun," tulis laporan itu, seperti dikutip laman Automotive News, Jumat 12 Agustus 2011. Namun, belum ada komentar dari GM soal rencana ini.

Ide menjadikan Indonesia sebagai basis produksi karena produsen mobil AS ini ingin mengubah dominasi pasar otomotif Indonesia. Selama ini, pasar Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara masih didominasi pabrikan Jepang.

Selain itu, menurut laporan, Indonesia juga memungkinkan sebagai basis produksi mobil murah yang bisa diekspor ke negara-negara Asia Tenggara, termasuk Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

GM meninggalkan pasar Indonesia pada pertengahan 2000-an ketika menutup pabrik perakitan kecil di dekat Jakarta. GM juga ingin memindahkan pabrik lagi ke Indonesia karena penjualan yang melambat di pasar lain, seperti Amerika Serikat dan Eropa.
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment