Popular Posts

Pengemudi ramah lingkungan

Tak semua pengemudi mobil berfikir menjaga kelestarian lingkungan. Ada tips khusus agar pengemudi bisa mengurangi efek buruk mobil bagi lingkungan. Berikut ini 10 langkah dari Forest Stewardship Council (FSC) agar mobil Anda ramah lingkungan.

1. Belilah kendaraan yang ramah lingkungan

Belilah mobil yang sesuai dengan keperluan anda. Sebuah mobil ramah lingkungan yang efisien akan mengurangi biaya. Kunjungi situs www.ecotest.eu yang dikelola oleh EcoTest-FIA (Fédération Internationale de l Automobile) Foundation. Situs ini akan memberi anda pengertian sistem rating bintang yang mengevaluasi kinerja mobil-mobil model terbaru terhadap lingkungan hidup. FIA Foundation merupakan federasi organisasi otomotif dan badan motor dunia nirlaba.

2. Rencanakan perjalanan anda

Mengemudi tanpa arah tujuan yang jelas selama 10 menit dalam tiap jam mengakibatkan penurunan efiiensi bahan bakar sebesar 14%. Gunakan transportasi lain seperti sepeda, kendaraan umum atau cukup berjalan kaki untuk perjalanan jarak dekat. Pasang GPS (Global Positioning System) yang bisa membantu anda mengetahui rute perjalanan anda.

3. Periksa tekanan angin ban mobil anda secara rutin

Kondisi ban dengan tekanan angin benar akan mengurangi efek gaya gesek ban terhadap permukaan jalan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Ban dengan tekanan angin benar akan menambah daya cengkeram terhadap permukaan jalan. Selain ikut membantu pemeliharaan lingkungan, anda juga mendapt ban yang lebih aman.

Mengemudi dengan tekanan angin 50kPA (0.5 kg/cm) dibawah seharusnya akan mengurangi efisiensi bahan baar minyak (BBM) sebesar 2-4% di dalam maupun luar kota. Pasang alat monitor tekanan angin ban pada mobil anda, supaya anda bisa mengetahui kapan harus mengisi atau menambahnya.

4. Kurangi beban mobil anda dan hindari penggunaan bagasi diatas atap mobil.

Beban tambahan akan menambah konsumsi bahan bakar dan tekanan udara akan semakin besar menahan laju mobil anda. Berkendara dengan tambahan beban sebanyak 100 kg pada mobil kelas menengah akan mengurangi efisiensi bahan bakr sekitar 6%. Sebaiknya anda tidak memuat barang-barang yang tidak diperlukan dalam bagasi mobil. Konsep mobil-mobil modern saat ini di desain dengan aerodinamika yang lebih baik, jadi tambahan bagasi atap mobil bisa menambah konsumsi bahan bakar meningkat hingga 20 persen.

5. Jangan memanaskan mesin sebelum mobil dijalankan

Mobil-mobil modern tidak perlu dipanaskan sebelum dijalankan, kecuali jika suhu udara sangat dingin. Menjalankan mobil secara perlahan mungkin dibutuhkan setelah mesin dihidupkan, cara ini juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Mobil-mobil modern dirancang memakai sistem injeksi, sehingga tidak perlu menginjak-injak pedal saat menghidupkan mesin. Hal itu akan membingungkan sistem kerja mobil dan konsumsi bahan bakarnya pun akan meningkat.

6. Gunakan pendingin suhu udara mobil anda seperlunya saja.

Hindari menyalakan pendingin suhu udara pada posisi suhu rendah karena akan menggunakan daya yang besar dari mobil anda. Bila suhu udara di luar mobil 25 derajat Celcius, dan anda menyalakan pendingin, efisiensi BBM mobil anda akan berkurang 12 persen. Bukalah jendela saat mengemudikan mobil jika anda merasa aman dengan kondisi keamanan sekitar, karena cara itu akan lebih efisien daripada menyalakan pendingin.

Bila mengemudi di jalur cepat seperti tol anda perlu menyalakan pendingin guna menghindari tekanan udara yang menghambat laju mobil anda. Perangkat tambahan dalam mobil anda seperti sound system juga bisa menambah konsumsi BBM.

7. Lakukan akselerasi mobil dengan lembut, dan perhatikan kecepatan mobil anda agar selalu konstan.

Jalankan mobil anda dengan lembut (20 km/jam selama 5 detik untuk mencapai nilai ekonomis bahan bakar sebesar 11%), dan hindari akselerasi yang berat dan kasar saat mengemudi. Hindari posisi terlalu dekat dengan kendaraan di depan mobil anda saat mengemudi, karena akan mengakibatkan anda melakukan akselerasi atau deselerasi yang tidak diperlukan, sehingga akan mengurangi efisiensi bahan bakar sekitar 2 persen sampai enam persen saat anda mengemudi di dalam kota maupun di luar kota. Jalankan mobil anda dengan posisi transmisi gigi paling tinggi dalam kondisi apapun.

8. Gunakan pengereman mekanis

Pengereman memakai transmisi gigi bisa menghemat bahan bakar mobil secara ekonomis. Mengurangi kecepatan mobil dengan melepas pedal gas akan meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil hingga 2 persen. Pengereman memakai transmisi gigi juga memberikan nilai plus terhadap masa pakai dan keausan rem mobil.

9. Segera matikan mesin mobil anda bila sudah tidak di perlukan lagi.

Mesin mobil yang dibiarkan hidup meski tidak dijalankan lagi tetap mengkonsumsi bahan bakar. Menghidupkan mesin mobil lebih dari satu menit membutuhkan bahan bakar lebih banyak, dibandingkan jika anda baru menghidupkan kembali mesin. Menghidupkan mesin lebih dari 10 menit (dengan posisi gigi dalam kondisi netral dan pendingin suhu udara dalam kondisi tidak menyala) akan membuang bahan bakar hingga 130 cc.

10. Kurangi kadar emisi CO2 mobil anda.

Gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor seringkali sukar dihindari, tetapi emisi CO2 bisa dikurrangi dengan cara selalu menyeimbangkan emisi gas buang kendaraan anda. Sejak sepluh tahun lalu, FIA menjadi pelopor proyek uji kelayakan karbon yang dilaksanakan di Meksiko. (*/lik)

No comments:

Post a Comment