Popular Posts

Mobil Ramah Lingkungan Jadi Tren Pasar Otomotif

JAKARTA- Sejumlah pabrikan dan agen pemegang merek otomotif di dalam negeri mulai tahun ini tampil gencar mempromosikan mobil ramah lingkungan (eco car) guna merespons pergeseran tren global yang mengarah ke penggunaan kendaraan antipolusi dan irit.

Beberapa (APM) dan pabrikan tersebut di antaranya Suzuki, Honda, Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, hingga Peugeot. Mereka menampilkan mobil eco car di ajang The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang sebagian besar masih berstatus mobil konsep.

Dalam pameran yang digelar pada 22 - 31 Juli itu, Suzuki melempar mobil ramah lingkungan merek Concept-G dan Swift Range Extender. Kenichi Ayukawa, Executive General Manager in Global Automobile Marketing Suzuki Motor Co, menjelaskan Concept-G, jelasnya, adalah kendaraan di segmen mobil kecil (compact car).

"Dasar pembuatan Concept-G ini adalah Alto [salah satu model mobil kecil produksi 1979] yang kami pasarkan di Jepang. Tentu saja Concept-G lebih unggul daripada pendahulunya itu," katanya hari ini.
Secara teknis, mobil tersebut memiliki panjang sekitar 3,4 m, lebar 1,48 m dan tinggi 1,54 m yang dilengkapi mesin berbahan bakar bensin tipe K.

Sementara itu, Swift Range Extender merupakan kendaraan yang dijalankan secara elektrik untuk jarak terdekat dalam aktivitas sehari-hari. Mobil ini menggunakan motor, baterai dan mesin 660 cc.

Toyota malah memboyong empat mobil konsep sekaligus dalam ajang IIMS itu, yakni Toyota FT-86, Toyota 1/X, Toyota A-BAT,dan Toyota Prius Hybrid Plug-In. "Empat mobil konsep tersebut masih berbasis teknologi hybrid," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto.
Seakan tak mau kalah, PT Honda Prospect Motor juga menyuguhkan sejumlah mobil ramah lingkungan seperti Honda Fit Hybrid, Honda Brio yang dibanderol sekitar Rp115,9 juta serta sejumlah produk terbaru Honda di antaranya Honda CRZ dan Honda Fit EV.

Honda Brio merupakan kendaraan di segmen hatchback bermesin 1.200 cc dengan 3 silinder. Mobil ini telah diluncurkan di Thailand pada Maret 2011 dan ditawarkan dalam 2 varian, yaitu varian standar (S) dan varian mewah (V). Meski demikian, manajemen HPM belum berencana memasarkan eco car-nya di pasar domestik.

Dalam kesempatan itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berunjuk gigi dengan mobil A Concept yang diklaim ramah lingkungan. Mobil ini memiliki ground clearence tinggi agar pengendara merasa lebih nyaman saat melintasi polisi tidur. jk - surabayapagi.com

No comments:

Post a Comment