Popular Posts

Indonesia jadi pasar mobil terbesar di Asean

Oleh Fajar Sidik/Yusuf Waluyo Jati - Bisnis.com - JAKARTA : Pasar mobil Indonesia diyakini akan menjadi pasar mobil terbesar di Asia Tenggara menyalip posisi terbesar saat ini Thailand dalam 2-3 tahun ke depan.

Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Johnny Darmawan memaparkan pasar mobil nasional pada tahun lalu berada di posisi kedua setelah setelah Thailand.

Total penjualan mobil 2010 mencapai 764.000 unit berkontirbusi sebesar 30,6% terhadap total market di Asia Tenggara dan hanya 5% dari posisi Thailand yang selama ini menjadi pasar terbesar di Asean.

"Pasar mobil Indonesia dengan populasi ketiga terbesar dunia, dam peningkatan daya beli masyarakat yang tercermin dari PDB per kapita US$3.000, kami yakin akan menjadi pasar terbesar di Asean dalam waktu yang tidak terlalu lama," katanya saat pembukaan IIMS 2011 hari ini.

Presdir PT Toyota Astra Motor itu menjelaskan pertumbuhan industri otomotif nasional selama ini 5 tahun terakhir selalu lebih tinggi dari pertumbuhan perekonomian. Hal itu, tercermin dari kontirubusi industri alat angkut, mesin dan peralatan yang tumbuh 10,1% dan menyumbang 6,98% terhadap total PDB 2010.

selain itu, lanjutnya, dari aspek pajak dan penerimaan negara lainnya kontribusi sektor otomotif secara nasional mencapai Rp80 triliun pada tahun lalu.

"Jumlah ini, lebih besar lagi apabila kontirubsi industri mata rantai otomotif lainnya seperti industri komponen, leasing, asuransi ikut diperhitungkan," ujarnya.(sut)

No comments:

Post a Comment