Popular Posts

13 Mobil Paling Ramah Lingkungan 2011 Versi ACEEE





Seiring dengan menguatnya isu pemanasan global dan langkanya sumber bahan bakar fosil, kendaraan bermotor – termasuk mobil penumpang- yang irit bahan bakar, emisi polutan yang rendah, serta memiliki performa tinggi menjadi sebuah keharusan.


Para produsen pun berlomba melakukan berbagai rekayasa teknologi untuk mewujudkan mobil yang memenuhi kriteria itu.

Mereka pun berlomba menjadikan teknologi yang memenuhi kriteria itu sebagai ujung tombak persaingan dengan diimbuhi satu predikat ‘mobil paling ramah lingkungan’.

American Council fοr аn Energy Efficient Economy (ACEEE), sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang advokasi penggunaan energi dan berkantor di Washington, melakukan uji tingkat keramahan mereka terhadap lingkungan.

Seperti dilansir International Business Times, Sabtu (19/2), tahun ini ACEEE menetapkan 13 mobil penumpang paling ramah lingkungan 2011. Mobil yang diuji terdiri dari berbagai jenis mobil penumpang dan merek yang diproduksi oleh produsen dari berbagai belahan dunia.

Menurut ACEEE, aspek penilaian meliputi tingkat konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dari knalpot, tingkat emisi CO2 dan beberapa polutan yang dihasilkan, penggunaan bahan yang ramah lingkungan, dan lain-lain. Semua aspek itu disatukan dalam skor.

“Hasilnya, Honda Civix GX yang berbahan bakar gas alam menduduki tempat pertama dengan skor 54. Ini merupakan yang ke delapan kalinya dalam delapan tahun berturut-turut bagi Civic GX,” terang pernyataan lembaga itu.

Hanya, yang mencengangkan, mobil listrik besutan General Motors (GM) yaitu Chevrolet Volt Extended Range EV, berada di urutan paling bontot atau di nomor 13.

Bobot yang hampir 3.800 pound dinilai para juri mempengaruhi konsumsi bahan bakar. “Bobot merupakan faktor utama dalam sistem rating yang menunjukkan berapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi kendaraan,” tulis pernyataan ACEEE.

Apa kata GM menanggapi hasil uji itu? “Saya rasa ini agak menggelikan,” kata Rob Peterson kepada CNN. “Itu merupakan penafsiran (subyektif) satu kelompok tentang sebuah pengukuran ‘hijau’ (ramah lingkungan),” imbuh dia.

Lantas siapa saja yang masuk dalam 13 besar tersebut? Berikut urutan selengkapnya :

1.Honda Civic GX Natural Gas
2.Nissan LEAF
3.MercedesBenz Smart Fortwo
4.Toyota Prius Hybrid
5.Honda Civic Hybrid
6.Honda Isight
7.Ford Fiesta SFE
8.Chevrolet Cruze Eco
9.Hyundai Elantra
10.MINI Cooper
11.Toyota Yaris
12.Mazda 2
13. Chevrolet Volt Extended Range EV

No comments:

Post a Comment